Rabu, 09 Maret 2011

tugas pertama ISBD

Cloud Callout: Mahasiswa???Konsep 5 M
Mengapa dalam waktu yang sama, ada mahasiswa yang sukses namun ada pula yang gagal? Di satu pihak, ada mahasiswa yang tidak serius kuliah, pengalaman organisasi kurang bahkan merepotkan kedua orang tuanya. Namun di lain pihak, ada seorang mahasiswa yang begitu produktif , ia melesat dengan segudang pengalaman organisasi, berjuta ilmu dan inspirasi, dengan IPK yang memusakan namun tetap rendah hati.
Setidaknya ada 5 pondasi dasar yang menyolong kesuksesan mereka, yaitu : kekutan spritual            yang membuatnya tetap berada di puncak kesuksesan sejati, kekuatan emosional yang menjadikannya mampu beradaptasi dengan diri dan lingkungannya, kekuatan financial yang mempertahankan ‘izzah(kehormatan dirinya). Kekuatan intelektual yang mendasari setiap keputusannya, dan kekuatan aksi yang menjadikannya seorang pemenang bukan pecundang, pemimpin bukan pemimpi.
5 pondasi dasar inilah yang menjadi bahan baku kesuksesan mereka. Dengan mengelola energinya secara tepat dan seimbang untuk setiap peran kehidupannya ia mampu sukses di bidang apapun yang ia ambil.
Setelah 5 pondasi tersebut didapat, seorang mahasiswa akan dapat menjalankan konsep 5 M yakni Mengetahui, Mengerti, Memahami, Menghayati, Mengamalkan (actualisasi diri) insya allah apabila konsep itu diterapkan dalam kehidupan seorang mahasiswa akan membawa kepada kehidupan yang di impikan, hidup damai dan penuh kasih sayang.
Seorang sarjana diharapkan memiliki 3 jenis kemampuan, diantaranya :
1.    Kemampuan Personal / Personality, Kemampuan Kepribadian
Jadi seorang mahasiswa seharusnya  memiliki pengetahuan yang lebih sehingga mahasiswa tersebut mampu menunjukan sikap, tingkah laku dan tindakan yang mencerminkan kepribadian Indonesia, serta dapat memahami & mengenal nilai-nilai agama, kemasyarakatan dan kenegaraan.
2.    Kemampuan Akademik
Kemampuan komunikasi ilmiah, lisan & tulisan, berfikir logis, kritis, sistematik analitik
(Rasional, Empiris, General, Sistematis, Metodologis, Akumulatif)
3.    Kemampuan professional
Memiliki kemampuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesinya.
KEPRIBADIAN INDONESIA
            Yang paling penting diantara kepribadian Indonesia ialah mampu menilai ulang gagasan asing dan nilai-nilai asing yang tidak sesuai dengan kepribadian. Kita sebagai mahasiswa tidak akan terpengaruh dengan budaya yang tidak baik korban model. Harus mempunyai cirri khas tersendiri jangan sampai hilang kepribadian karena terpengaruh oleh budaya asing.
Harapan
Menjadi manusia unggul (cerdas) secara intelektual.
Anggun secara moral
Kompeten mengusai iptek
Memiliki komitmen tinggi untuk berbagai peran social.
Meskipun agak sulit untuk mewujudkan semua itu, tetapi kita sebagai mahasiswa harus tetap optimis untuk mewujudkan semua harapan itu. Kekalahan kita adalah kumpulan-kumpulan energy untuk melintasi kelelahan berikutnya. Hingga kita tidak pernah lelah, bahakan lelah telah mengejar kita.
Ada orang yang terus bekerja namun tidak ada sedikitpun yang ia dapatkan, ia berkata ‘LELAH’ Di saat yang sama, ada orang yang terus berkarya, banyak yang telah ia berikan untuk Allah ia berkata ‘LILLAH’. Firman Allah swt; karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan. Maka apabila kamu telah selesai (dari suatu urusan), kejakanlah dengan sungguh-sungguh (urusan) yang lain, dan hanya kepada Tuhanmulah hendaknya kamu berharap. (Q.S Al Insyirah : 5-8).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar